Thursday, 27 February 2014

Tanam Anggur Di Pekarangan Rumah


Tulisan ini akan memberi ulasan singkat tentang bagaimana cara menanam Anggur dalam pot dengan teknis mudah dan sederhana. Sehingga, bisa diikuti oleh Anda semua. Supaya tidak terlalu lama, mari kita pelajari bersama penjelasan di bawah ini dengan teliti dan cermat!




Cara Menanam Anggur

I. Perencanaan Awal:
1. Menentukan Fungsi dan Tujuan
2. Memperhatikan Kondisi Lingkungan

II. Tahap Penanaman:
1. Memilih Pot
2. Menyiapkan Media Tanam
3. Menyediakan Bibit Siap Tanam
4. Langkah Penanaman
5. Perawatan Tanaman



I. Perencanaan Awal

1. Menentukan Fungsi dan Tujuan

Langkah paling awal yang harus dilakukan saat akan menanam sebuah pohon atau tanaman ke dalam pot adalah merencenakan dan menentukan;
Apa sih tujuan pohon tersebut di tanam dalam pot? Dan setelah tanaman tersebut tumbuh di pot, lalu akan difungsikan untuk apa?

Anda harus menjawab 2 pertanyaan tersebut dengan jawaban yang konsisten. Sebagai contoh, seseorang ingin memindahkan sebatang Anggur yang telah siap tanam ke dalam pot. Ia berfikir bahwa pohon Anggur tersebut akan jauh lebih terawat dan tumbuh subur jika di tanam dalam pot.

Selain penanganannya bisa lebih mudah, proses memindahkan dari satu tempat ke lokasi lainnya pun akan jauh lebih praktis. Sehingga, alasan tersebut dapat dijadikan tujuan utama mengapa ia tertarik menanam sebatang Anggur ke dalam sebuah pot cantik yang praktis.

Sementara itu, ketika sebatang Anggur tersebut telah tertanam indah di dalam pot pilihannya, maka ia pun kembali berfikir bahwa tabulampot miliknya tersebut akan sangat apik dan segar dipanjang jika diletakkan pada sudut selasar atau pagar rumah.

Maka, ia pun berusaha menentukan titik sudut selasar atau pagar rumah yang sekiranya mendapat cahaya matahari langsung setiap hari, dan terhindar dari lalu-lalang orang atau anak-anak yang beresiko merusaknya. Hal itu tentu menjadi sebuah fungsi tepat dan kreatif atas tabulampot Anggur yang ia buat tersebut.



2. Memperhatikan Kondisi Lingkungan

Setelah Anda menyimpulkan perkara sebelumnya tadi, yakni terkait fungsi dan tujuan penanaman Anggur ke media pot, maka perkara selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum beralih pada cara menanam anggur dalam pot, adalah memahami kondisi lingkungan alam yang sekitar. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa tanaman Anggur sangat menyukai kawasan bersuhu panas, dengan kadar air pada perakarannya yang tidak terlalu banyak, atau hanya sebatas lembab saja.

No comments:

Post a comment

Silahkan Komen Rider,