Wednesday, 2 December 2015

REKAM CCTV MENGGUNAKAN WEBCAM

Halo sobat, salam sejahtera buat kita semua.



Hai sobat pecinta teknologi, pada kesempatan ini saya akan share tentang bagaimana cara memasang CCTV menggunakan kamera webcam. Kenapa webcam? Jawabanya adalah karena webcam lebih murah dibanding CCTV atau IP Camera. Kita bahkan bisa menggunakan webcam yang harganya hanya 40ribuan. Bahkan malah dianjurkan untuk beli yang mukrah, karena pixelnya masih rendah dan bisa muat banyak video pada hardisk drive meski merekam terus menerus.
Oke inilah alat dan bahan yang dibutuhkan :


  • ·         Kamera webcam
  • ·         Software iSpy  silahkan klik disini


Kenapa saya rekomendasikan ipsy? Sebenarnya ada banyak software untuk merekam CCTV, namun saya lebih suka software ini karena dapat merekam secara otomatis jika didepan kamera terdapat gerakan.
Baik langsung saja kita lanjutkan ke prakteknya. Pertama-tama kita instal dulu software iSpy  pada PC /Laptop sobat, kemudian jalankan.

                       

Untuk memonitor ruangan yang akan di pantau dengan menggunakan kamera, sambungkan device webcam ke PC melalui port USB dan bukalah software iSpy, kemdian klik ‘Add’  maka akan muncul beberapa pilihan kamera. Karena pada perancangan ini kita menggunakan webcam sebagai CCTV, maka pilihlah ‘Local Camera’.

           

                                Kemudian akan muncul jendela video source yang berisi informasi device dan ukuran vudeo yang akan di monitor dan direkam. Pilihlah device kamera USB 2.0 PC CAMERA pada Video device. Pilih Capture Mode pada video dan tentukan ukuran video sesuai gambar diatas,  Setelah itu klik OK.

                        Berikutnya akan muncul Edit Camera yang berisi tentang informasi kamera. Masukan nama ruangan pada kolom Name. Isikan juga nama grup kamera pada kolom Group lalu klik Finish.


Tampilan pada layar diatur agar beberapa kamera dapat terpantau dalam satu layar. Untuk mengaktifkan perekaman dapat dengan cara mengaktifkan pada masing-masing video atau dengan menekan tombol All On pada bagian kontrol panel layar.

No comments:

Post a comment

Silahkan Komen Rider,