Tuesday 27 September 2011

10 Nasi Goreng Dari Berbagai Negara


Sekilas tentang nasi goreng :
Quote:
Nasi goreng (Hanzi: 炒飯) makanan yang dibuat dari nasi yang digoreng dengan bumbu dan bahan-bahan lainnya. Nasi goreng adalah makanan populer di Asia Timur dan Asia Tenggara.

Nasi adalah sebuah bagian penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.
Quote:
1. Indonesia
Spoiler for image:

Banyak variasi dan versi rasa yang biasa dimasak, contohnya ikan asin, teri, udang ,kambing , sapi , ayam dan masih banyak lagi, Banyaknya variasi jenis Nasi Goreng yang dapat ditemukan di Indonesia merupakan ekspresi kreativitas masyarakat Indonesia dalam meracik kreasi jenis kuliner dengan aneka citrarasa, baik dari pengaruh bahan dasar lokal maupun pengaruh citarasa masakan internasional.
Quote:
2. Malaysia
Spoiler for image:

Sama halnya dengan masakan nasi goreng Indonesia, nasi goreng di Malaysiapun hampir sama , dari segi rasa, tekstur dan variasi hidangan, namun nasi goreng malaysia selalu menyisipkan sayuran , seperti kacang panjang, buncis ataupun wortel dalam masakannya .
Quote:
3. Singapura
Spoiler for image:

Sama halnya juga dengan masakan nasi goreng Indonesia, nasi goreng di Singapura pun hampir sama rasanya, namun nasi goreng singapura lebih terkesan simple dan tidak ada hiasan yang berarti, dan biasanya nasi goreng singapura tidak melewatkan kacang polong, sebagai penambah kelezatan.
Quote:
4. Jepang
Spoiler for image:

Nasi goreng di Jepang yang dikenal sebagai "Yaki Meshi" ini, tidak begitu populer disana, karena ada banyak sekali olahan nasi praktis seperti onigiri, biasanya nasi goreng di Jepang ini disajikan dalam porsi yang kecil .
Quote:
5. Amerika
Spoiler for image:

Nasi goreng Amerika biasanya menggunakan beras dari thailand,karena nasi goreng ini pertama dibawa oleh prajurit amerika yang menjajah thailand, selalu dihias sedemikian agar menggugah selera, biasanya dibumbui dengan saus, bukan dengan kecap.
Quote:
6. Thailand
Spoiler for image:

Nasi goreng , sangat populer di thailand, dan juga memikat lidah pecinta kuliner untuk menyicipinya, wajar saja thailand mempunyai kualitas beras yang sangat baik , beras yang diapakai adalah beras Jasmin, nasi goreng yang paling terkenal adalah Khao Phat Kai.
Quote:
7. Cina
Spoiler for image:

Nasi goreng di china, dikatakan sebagai olahan sampah, karena mereka memanfaatkan sisa-sisa sayuran untuk membuat nasi goreng , biasanya dibuat pada akhir bulan, dimana mereka menhabiskan stok sayuran, atau daging untuk membuat nasi goreng ini, untuk rasanya tidak jauh dengan Thailand, tapi hanya kualitas berasnya saja yang berbeda.
Quote:
8. Turki
Spoiler for image:

Biasanya nasi goreng turki, dipengaruhi oleh Eropa dan timur tengah, karana ada campuran rempah-rempah dalam bumbunya, sera dihias keju untuk pelengkapnya.
Quote:
9. Korea
Spoiler for image:

Biasanya nasi goreng korea, menggunakan jagung sebagai pelengkapnya, sama seperti dijepang , nasi goreng tidak terlalu populer disana.
Quote:
10. Jerman
Spoiler for image:

Terkenal dengan nama "Gebratener Reis" nasi goreng ini, merupakan favorit bagi warga jerman, dan banyak dijual di kedai-kedai makanan disana, ciri khas nasi goreng Jerman yaitu, telur yang selalu disimpan tengah-tengah nasi.
Quote:
Jadi, agan pilih yang mana ??





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10707491

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komen Rider,