Wednesday, 28 September 2011

Makanan para astronot di luar angkasa, Sejarah dan Perkembangannya dari masa ke masa.





makanan luar angkasa khusus diciptakan dan diproses untuk konsumsi oleh astronot di luar angkasa. Makanan harus memenuhi persyaratan khusus memberikan gizi seimbang bagi kesehatan individu yang bekerja di ruang angkasa,mudah diolah dan aman untuk disimpan,serta mudah dikonsumsi dalam lingkungan gravitasi rendah. Dalam beberapa tahun terakhir, makanan ruang angkasa telah digunakan oleh berbagai bangsa yang terlibat dalam program ruang angkasa sebagai cara untuk berbagi dan mereka memamerkan identitas budaya dan memfasilitasi komunikasi antar budaya.

Spoiler for sejarahnya dari masa ke masa gan:


sebelum tahun 2000

Spoiler for rusia:
Apollo-Soyuz Test Project (1975)

Para astronot dari Apollo-Soyuz Test Project menerima contoh makanan yang dikembangkan Rusia. Di antara makanan yang disediakan di Soyuz 19 adalah kaleng lidah sapi ,Riga roti,tube borscht (sup khas ukraina) dan kaviar.


Spoiler for amerika serikat:
John Glenn 's adalah orang Amerika pertama orbit Bumi pada tahun 1962, dia bereksperimen dengan makan dalam kondisi gravitasi rendah. Beberapa ahli telah khawatir bahwa gravitas rendah dapat menyulitkan dalam menelan. Glenn tidak mengalami kesulitan dan menetapkan bahwa gayaberat mikro tidak mempengaruhi proses menelan.

Spoiler for Proyek Mercury (1959-1963):
kapsul mercury

awak mercury

Astronot di misi Mercury tidak menyukai makanan yang disediakan. Mereka makan kubus 'bite size', serbuk beku-kering, dan pasta dalam tabung. Para astronot kesulitan dalam memakan makanan,dan berkata 'seperti makan remah-remah'


Spoiler for Proyek Gemini (1965-1966):

Tabung makanan pada misi-misi sebelumnya telah ditinggalkan. Menu juga diperluas dan mencakup item seperti udang,ayam,cocktail,sayuran,roti bakar, puding dan jus apel.

Peristiwa unik terjadi dalam misi ini. salah satu awak Gemini III menyelinapkan sandwich kornet pada spaceflight mereka. Komandan misi Gus Grissom sangat menyukai sandwich kornet daging sapi, jadi Pilot John Young membawa satu paket sandwich dalam penerbangan mereka,para astronot seharusnya tidak membawa makanan sendiri karena takut menimbulkan masalah,dan akhirnya ramah-remah roti menimbulkan masalah potensial,kemudian Sidang kongres NASA memberi sanksi kepada Grissom.


Spoiler for Program Apollo (1968-1975):
apollo 11 launch

Berbagai pilihan makanan terus mengembangkan untuk misi Apollo . Ketersediaan air panas mulai ada di misi ini, para astronot dapat membuat dehidrasi 'beku-kering' (makanan instan) makanan sederhana, dan menghasilkan hasil yang lebih mengundang selera. Sendok dan mangkuk juga dipakai untuk praktek makan lebih normal. Makanan dapat disimpan dalam kontainer khusus zip- plastik, dan kelembaban yang memungkinkannya untuk menempel pada sendok.


Spoiler for Skylab (1973-1974):

Ruang yang lebih besar di Skylab memberikan tempat untuk lemari es dan memungkinkan menu seperti produk daging olahan dan es krim dapat dibawa. Sebuah ruang makan meja dan kursi, diikat ke lantai dan dilengkapi dengan hambatan kaki dan paha, juga tersedia baki yang bisa menghangatkan makanan yang memiliki magnet untuk menahan peralatan makan agar tidak melayang dan gunting untuk membuka wadah makanan.Kru menemukan makanan yang lebih baik di Apollo dibandingkan misi-misi sebelumnya, tapi mereka masih biasa-biasa saja karena gravitasi rendah dapat menumpulkan indra perasa dan penciuman,sehingga ada perbedaan rasa makanan ketika di luar angkasa dan di bumi.


masa modern diatas tahun 2000

Sekarang, buah-buahan dan sayuran yang dapat dengan aman disimpan pada suhu kamar yang dimakan pada penerbangan angkasa. Astronot juga memiliki variasi makanan yang lebih besar, dan bisa memesan menu makanan peribadi sebelum pesawat terbang ke orbit, seperti salad buah dan spaghetti. Astronot kadang-kadang memesan dendeng untuk penerbangan, karena ringan, bergizi, dan dapat digunakan di orbit tanpa kemasan atau perubahan lainnya.

Spoiler for china:
Teh

Pada bulan Oktober 2003, Yang Liwei, membawa Yuxiang babi, Kung Pao ayam, dan beras Babao serta teh herbal cina. Makanan dibuat untuk penerbangan ini kemudian dikomersialisasikan untuk dijual kepada pasar massal pada tahun 2007.


Spoiler for Jepang:


The Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) telah mengembangkan makanan dan minuman tradisional Jepang seperti Matcha , yokan , ramen , sushi , sup , nasi dengan ume untuk konsumsi di orbit. Makanan yang diproduksi bekerja sama dengan perusahaan makanan Jepang seperti Ajinomoto, Pabrik susu Meiji dan Nissin.


Spoiler for Korea Selatan:
KIMCI

Pada bulan April 2008, astronot pertama Korea Selatan, Yi So-yeon , adalah anggota kru di Stasiun Ruang Angkasa Internasional dan membawa sebuah versi khusus makanan nasional Korea, yaitu kimchi . Butuh waktu beberapa tahun dan tiga lembaga penelitian dan uang jutaan dolar untuk membuat versi dari hidangan kubis fermentasi yang cocok untuk perjalanan ruang angkasa.



Spoiler for cara pengolahan makanan:
Merancang pangan untuk konsumsi di ruang angkasa sangatlah sulit. Makanan harus memenuhi sejumlah kriteria untuk dipertimbangkan sesuai untuk ruang angkasa.
Pertama, makanan harus memiliki kondisi fisiologis yang tepat, khususnya harus bergizi, mudah dicerna, dan lezat.
Kedua, makanan harus direkayasa untuk konsumsi di lingkungan gravitasi nol. Dengan demikian, makanan harus ringan, dikemas dengan baik, cepat untuk disajikan, dan mudah untuk dibersihkan (makanan yang cenderung meninggalkan remah-remah, misalnya, tidak cocok untuk ruang).

PEPSI DAN COLA


minuman bersoda sudah dicoba di ruang angkasa, tetapi tidak disukai karena perubahan sendawa disebabkan oleh gayaberat mikro (gravitasi rendah).Coca-Cola dan Pepsi pertama kali melakukannya pada STS--F 51 pada tahun 1985. Coca-Cola juga terbang pada misi berikutnya dalam dispenser yang dirancang khusus yang memanfaatkan BioServe Space Technologies hardware yang digunakan untuk percobaan biokimia. Mir Space Station membawa kaleng Pepsi pada tahun 1996.


Spoiler for Kemasan:
Kemasan untuk spacefood harus memiliki tujuan utama untuk menjaga kandungan gizi makanan. Kemasan harus ringan, mudah dibuang, dan membantu dalam penyusunan makanan untuk dikonsumsi. kemasan ini juga mencakup label bar-kode, yang memungkinkan untuk pelacakan diet astronot. Label juga menentukan's penyusunan petunjuk makanan di kedua bahasa Inggris dan Rusia .
Banyak makanan dari program luar angkasa Rusia yang dikemas dalam kaleng dan kaleng ini dipanaskan melalui metode elektro-resistif (ohmik), dibuka dengan pembuka-bisa, dan makanan di dalam dikonsumsi langsung. sup Rusia terhidrasi dan dikonsumsi langsung dari kemasannya.
makanan ruang angkasa NASA dikemas dalam kantong retort dan diproses dengan cara pengeringan beku dan ada juga yang dikemas dalam wadah tertutup yang masuk ke dalam baki untuk menjaga posisi wadah makanan.Terdapat tali penyakut di bawah baki, yang memungkinkan astronot untuk mengaitkan baki ke titik jangkar seperti kaki atau permukaan dinding dan terdapat klip untuk mempertahankan kantong minuman atau barang di lingkungan gravitasi rendah.


Spoiler for jenis-jenis makanan:
Ada beberapa klasifikasi untuk makanan yang dikirimkan ke luar angkasa:
*Minuman (B) - Berbagai minuman rehydratable.
*Makanan Segar (FF) - Makanan yang cepat dan perlu dimakan dalam hari pertama dua penerbangan untuk mencegah pembusukan.
*Iradiasi (I) Daging - Beef steak yang disterilkan dengan radiasi pengion untuk menjaga makanan.
*Intermediate Moisture (IM) - Makanan yang memiliki kelembaban tetapi tidak cukup untuk menyebabkannya langsung busuk.
*Nature Form (NF) - Sebagian besar makanan mentah seperti kacang, kue dan batang granula yang siap untuk dimakan.
*Rehydratable (R) Makanan - Makanan yang telah dehidrasi dan diizinkan untuk rehydrate dalam air panas sebelum dikonsumsi.
*Thermostabilized (T) - Makanan yang telah diproses dengan panas untuk menghancurkan mikroorganisme dan enzim yang dapat menyebabkan pembusukan.


bumbu tidak memiliki klasifikasi dan dikenal hanya dengan nama item:

*Stable Shelf Tortilla - Tortilla yang telah panas dirawat dan khususnya dikemas dalam atmosfer nitrogen bebas oksigen untuk mencegah pertumbuhan jamur.
*Bumbu cair - larutan garam, merica pasta berminyak, mayones, saus tomat, dan mustard.





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7035758

No comments:

Post a comment

Silahkan Komen Rider,