Monday, 27 August 2012

Cara Sambung dan Susun Pada Lengkeng

Perbanyak lengkeng dengan cara menyambung dan susun ternyata lebih cepat dalam menghasilkan buah, dengan kurun waktu 3 tahun lengkeng sudah bisa berbuah.

Cara, sambung, susun, pada lengkeng, budidaya, budidaya lengkeng


Syarat Pohon Induk

Sebelum melakukan perbanyakan kita harus mencari pohon induk yang benar-benar bermutu tinggi, ciri pohon induk yang baik adalah berbuah lebat, ukuran buah besar-besar, warna kulit kuning cerah, ukuran biji kecil, daging buah tebal dan bening, rasa buah manis dan yang paling penting bisa berbuah setiap tahun.

Proses Penyambungan Harus Cepat

Setelah pohon ditemukan, kita tinggal menanam batang bawahnya. biji disemai pada bedeng pesemaian. Setelah tumbuh dan berumur sekitar 1 minggu, tanaman segera dipindahkan kedalam polibag. Batang bawah siap disambung atau disusunkan sekitar 6-8 bulan kemudian.


Batang dipilih pucuk tanaman yang sehat, bukan berasal dari tunas air, dan cang tanaman tersebut sudah pernah berbuah. Cara penyambungannya tidak jauh beda dengan tanaman lain, seperti diameter batang atas harus sama dengan diameter batang bawah, panjang batang atas sekitar 10-15 cm.

setelah penyambunga selesai dilakuakan, bibit tersebut segera tempatkan di tempat teduh dan lembap, sekitar tiga minggu kemudian tunas sudah mulai tumbuh. Penyambungan lengkeng harus cepat, karena kambium lengkeng cepat mengering.
 
Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.

No comments:

Post a comment

Silahkan Komen Rider,