Monday, 27 August 2012

Jamur Kuping

Jamur ini mempunyai tubuh buah mirip daun telinga, lunak dan lentur sewaktu masih segar. Warna dan ukuran tubuh buahnya bervariasi, tergantung dari masing-masing spesies. Auricularia polytricha (jamur kuping hitam/black jelly/aragekikurage), warna tubuh buahnya keunguan atau hitam dengan lebar 6-10 cm.

Jamur kuping, Jamur, Kuping, Jenis jamur, Budidaya jamur

Auricularia yudae (jamur kuping merah/red jelly/kikurage), tubuh buahnya kemerahan dengan ukuran relative lebih lebar, sedangkan Tremella ficiformis (jamur kuping agar/white jelly/sirokikurage), warnanya putih dengan ukuran lebih kecil dan tipis. Kesemua jenis jamur itu banyak digemari sebagai makanan  khas  China.

    
Jamurkuping dapat ditanam didaerah beriklim dingin sampai panas, budidaya jamur ini membutuhkan suhu antara 12-36 derajat C. Sebagai media tanam bisa digunakan potongan batang kayu kering yang dilubangi, atau serbuk gergaji yang dimasukkan kedalam polybag. Selama pertumbuhannya, mulai dari penanaman bibit sampai panen memerlukan waktu kurang lebih 3-4 minggu. Pemasaran umumnya dalam keadaan kering, tetapi tidak sedikit pula konsumen yang menghendaki segar.


No comments:

Post a comment

Silahkan Komen Rider,